Friday, November 23, 2007

pembajakan idea ???

Siapa si yang ga tau soal pembajakan, pembajak, bajakan ?

Kita mungkin tahu kalo sawah agar bisa di tanami harus di bajak dulu supaya gembur dan gampang di tanami, supaya tanahnya mengandung banyak oksigen dan supaya supaya yang laen lagi. Banyak deh.

Tapi kalo pembajakan kreatifitas ?
nah ini yang aga2 menimbulkan pro dan kontra. Dilain sisi si pemilik ide akan merasa bangga karena ide nya di gunakan, tetapi dilain sisi penggunaan ide malah menguntungkan dirinya sendiri.
hal pertama akan berakibat positif jika memang ada suatu penghargaan dari si peyebar or pengguna ide tapi pastinya akan berakibat negatif jika hal-hal tersebut di atas tidak di penuhi dengan baik oleh pengguna.

Menyebalkan memang, si pengguna akan dengan mudahnya bilang loh ini kan ide yang umum sapa aja bisa buat ? Nah kalo sudah begini pasti nantinya akan seperti "mana lebih dulu telur apa ayam ?"

Yah lihat saja konteksnya pada saat ide itu muncul. Apakah ide2 itu sudah ada atau belum ada atau malah tidak ada sama sekali.
Dan akhirnya di empunya ide akan selalu ada dalam posisi kalah. Memang sangat-sangat menyebalkan kalo udah begini.
Dan lebih menyebalkan lagi jika ternyata pembajaknya ada orang yg kita kenal. Wueeehhh !!!!

Yah jadi berhati-hatilah sama orang yang selalu ingin tahu apa yg kita kerjakan dan melihat future working. Salah-salah ide2 briliant kita malah di ambil.

be carefull ..

No comments: