Tuesday, May 20, 2008

Kemanakah Nasionalis(me) kita ?

Selagi asik browsing2 di internat tadi pagi 20 may 2008 gue tiba2 kaget. di tv (lupa) tv apa lagi nyiarin acara dimana si presenter keliling ke beberapa tempat dan menanyakan pada orang-orang yg di temui suatu pertanyaan.

pertanyaan simple dan sederhana : Tau lagu INDONESIA RAYA tidak ???
Dan jawabannya sunguh di luar dugaan. "GAK TAU !!" waks ... !!!

Gue sebagai manusia yg sempet ngelewati masa tahun 80an ya, merasa itu suatu jawaban bodoh. Gimana ga bodoh ?? lha wong itu lagu kebangsaan kok ga tau.
yang lebih parah, si ibu ini (kebetulan ibu2) gak tau siapa presiden Indonesia!!!

hmmm acara di lanjutkan dengan mengumbar pertanyaan2 sederhana tp (menohok) buat sebagian orang. beberapa pertanyaan yg sempet gue kuping-i adalah :

  1. Apal ga lagu dari sabang sampai merauke, or lagu2 wajib jaman dulu itu?
  2. Apal ga sila-sila dalam pancasila
  3. Tau gak representatif sila-sila itu dengan gambar apa aja ?
  4. Tau presiden dan wapres RI sekarang ?
  5. Tau mata uang indonesia
  6. Tau lagu berkibarlah benderaku
  7. dst

and ternyata mungkin ya dari beberapa 'responden' yg di tanya mungkin ya 1% aja yg bisa jawab bener. hahahha
Bahkan seorang polisi waktu di tanya malah ga tau pancasila itu sila2-nya apa aja. GUBRAKKK!!
(piye thoo pak, abdi negara kok gak apal)

Gue jadi inget jaman dulu itu dimana semua hal untuk kenasionalitasan itu di ajarkan di sekolah-sekolah. Entah lewat pelajaran, sejarah, PMP, PSPB dsb bahkan mungkin upacara setiap senin dan sabtu ya. walaupun gak apal 100% tp rata2 kita pada jaman itu tau tuh yg namanya sila-sila pancasila, mata uang, presiden dlsb, bahkan dulu temen gue ada loh yg apal tuh isi UUD45 dan pembukaannya yg seabreg itu. gila kan ??

sangat di sayangkan bahwa pelajaran ttg kenegaraan seperti PMP dan sejenis nya itu di hapuskan. (CMIIW) tp setau gue kalo gue liat pelajaran ponakan gue. pelajaran itu udah ga ada. gilingan bener kan, dan lagu2 wajib yg dulu rajin di nyanyikan or kita apal mungkin malah ga pada apal.
masih inget di ingetan gue dulu acara tv di mulai dengan lagu kebangsaan indonesia raya, kemudian jam 7.30 setelah berita ada lagi dari sabang sampai merauke sebagai pengiring acara malam ini, kemudian waktu tutup tv ada lagu wajib lagi, entah itu rayuan pulau kelapa, indonesia pusaka or syukur.
sekarang mungkin ga semua tv yg tetap memutarkan hal itu,...well, jaman memang sudah berubah tetapi sebaiknya or alangkah baiknya dasar2 kenasionalisme-an itu tetep ada dan di pupuk.

masak kita gak bangga si sebagai orang indonesia ???

** just kekagetan dari kenyataan yg ada...

No comments: